banner 728x250

Pegiat Anti Korupsi Formas Jabar Laporkan Dugaan Kasus Korupsi di Disdik Jabar

banner 120x600
banner 468x60

windnews.id /BANDUNG – Banyaknya temuan dugaan pelanggaran hukum yang mengarah pada dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Disdik Jabar mendapat sorotan tajam dari puluhan lembaga pegiat anti korupsi di Jawa Barat.

Hal tersebut membuat geram para pegiat anti korupsi yang berada di Jawa Barat dan meluapkan kekecewaannya terhadap Satgas anti korupsi forum Ormas/LSM Provinsi Jawa Barat yang seolah melakukan pembiaran terhadap persoalan tersebut.

banner 325x300

Padahal permasalahan di Disdik Jabar sudah menjadi rahasia umum, namun mengapa Satgas Anti Korupsi Forum Ormas Jabar seolah diam saja ungkap salah seorang Ketua Umum LSM Pegiat Anti Korupsi yang tidak ingin namanya disebutkan dalam mengawali pembicaraan.

Hal ini mengemuka ketika beberapa Ketua umum LSM dan Ormas dalam menyampaikan desakkannya terhadap Satgas Anti Korupsi Forum Ormas Jabar, Kamis (20/06/24)

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum Gerakan Masyarakat Anti Korupsi (GMASI) Ramses Ramona.S yang juga menjabat sebagai Sekretaris Satgas Anti Korupsi Forum Ormas Provinsi Jawa Barat mewakili rekan-rekan dari puluhan lembaga pegiat anti korupsi di Jawa Barat menyatakan kekecewaannya terhadap kinerja dari Satgas Anti Korupsi Forum Ormas Provinsi Jawa Barat.

Kami mendesak agar Satgas Anti Korupsi Forum Ormas Provinsi Jawa Barat segera mengambil langkah-langkah hukum agar dugaan banyaknya persoalan di Disdik Jabar segera diungkap ke ranah hukum, bila perlu kita lakukan gerakan bersama untuk melakukan aksi turun ke jalan bersama seluruh Ormas dan Seluruh LSM yang bergabung di Forum Ormas Jabar, ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Ketua Laskar Merah Putih Provinsi Jawa Barat Agus Fifa Kusuma. Kang Agus Laskar menyampaikan bila perlu kita melakukan aksi unjuk rasa bersama seluruh Ormas dan LSM yang bergabung di Formas Jabar agar dugaan Korupsi di Dinas Pendidikan dapat segera ditangani oleh aparat penegak hukum.

Namun saya juga mengusulkan kepada Dansatgas Anti Korupsi maupun kepada Koordinator Forum Ormas Jabar agar sesegera mungkin melaksanakan Rakor Satgas Anti Korupsi guna menindaklanjuti banyaknya temuan di Disdik Jabar dan jangan sampai persoalan ini akhirnya mengambang dan menjadi bola liar, terangnya dengan nada kesal.

Sementara Ketua Umum LSM Tuar Bersatu Iwan Ridwan menegaskan jika hal ini tidak bisa kita biarkan terus menerus dan harus kita sikapi bersama.”ujarnya

“Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh rekan-rekan yang lainnya melakukan aksi turun ke jalan bersama seluruh Ormas dan LSM yang bergabung di Forum Ormas Jabar.

Kami juga mendesak agar Komandan Satuan Tugas Anti Korupsi Forum Ormas/LSM Provinsi Jawa Barat (Dansatgas Anti Korupsi Formas Jabar) untuk sesegera mungkin melakukan konsolidasi dan segera mengkondisikan agar seluruh Ormas dan LSM pegiat anti korupsi merapatkan barisan untuk membongkar dugaan pelanggaran hukum yang mengarah adanya dugaan tindak pidana korupsi pada Disdik Jawa Barat, desak Kang iwan yang juga mendapat amanat sebagai Wadansatgas Anti Korupsi Formas Jabar.

Sementara ditempat terpisah melalui sambungan seluler, Dansatgas Anti Korupsi Forum Ormas Jabar Furqon Mujahid yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) mengapresiasi dan merespon positif desakan dari Ormas dan LSM pegiat anti korupsi tersebut.

Saya berjanji akan menjalankan tupoksi yang telah diamanatkan kepada saya sebagai Dansatgas Anti Korupsi Ormas Jabar.

Persoalan ini sedang didiskusikan dan dikonsultasikan ke berbagai pihak khususnya kepada aparat penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Agung maupun ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Selanjutnya saya juga meminta kepada para aktivis pegiat anti korupsi dari berbagai Ormas dan LSM se-Jawa Barat untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya dokumen dan data sebagai alat bukti pelanggaran hukum yang mengarah adanya dugaan tindak pidana korupsi pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Saya akan menerima dan mengakomodir semua desakkan dari rekan-rekan untuk selanjutnya bisa segera disikapi dan ditindaklanjuti bersama-sama dan melaporkan berbagai temuan tersebut ke aparat penegak hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Jelasnya.

Menyikapi desakkan dari para Aktivis Pegiat Anti Korupsi dari berbagai LSM dan Ormas terhadap Satgas Anti Korupsi Formas Jabar, Koordinator Forum Ormas/LSM dan Komunitas Provinsi Jawa Barat R. Hendra Mulyana, SH angkat bicara. Saya meminta agar polemik ini bisa segera ditindaklanjuti oleh Satgas Anti Korupsi Formas Jabar.

Namun yang lebih utama adalah, agar semua Aktivis Pegiat Anti Korupsi dari berbagai LSM dan Ormas bisa menjaga kondusifitas Jawa Barat agar tetap Kondusif terutama menjelang perhelatan pemilu kepala daerah yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Saya percayakan kepada rekan-rekan aktivis anti korupsi dari berbagai LSM dan Ormas pada umumnya, khususnya kepada Dansatgas Anti Korupsi Formas Jabar Furqon Mujahid agar tetap menjaga kondusifitas Jawa Barat.

Saya juga telah menugaskan kepada Dansatgas Anti Korupsi agar bisa mengakomodir dan merealisasikan desakkan ini secara bijaksana sesuai kaedah hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara kita dan yang paling utama agar tetap menjaga kondusifitas Jawa Barat.” tutupnya. dikutif Poros media

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *