banner 728x250

Waspada Terhadap Jual Beli Online Berkedok Penipuan

banner 120x600
banner 468x60

Windnews.id / BANDUNG- Cerita tentang pengiriman paket mengatas namakan dari China terus bermunculan. Kali ini, dialami seorang jurnalis media Online dan Youtuber.

Pada bulan Agustus 2022, kami awal dari kejadian, mulanya melihat penawaran Iklan diberbagai macam Produck dari aplikasi Instagram (IG) dan Face Book (FB), Twitter atau aplikasi yang lainnya, kami berharap harus teliti dan kalau bisa jangan mudah tertarik dengan iklan yang ditawarkan pada aplikasi seperti tadi.

banner 325x300

Kami bukan menjelekan dari aplikasi tersebut, namun pengguna aplikasi sperti disebut diawal tadi banyak orang yang bermunculan dengan unsur penipuan dengan meng hypnotis.

Defyanti nama seorang jurnalis hampir tertipu dengan pengiriman barang berbagai produck seperti penjualan kacamata, Jam Tangan, Alat Aksesoris Kamera atau Handphone ada hal barang lainnya seperti yang menarik dalam tayangan iklan di aplikasi atau medsos saya berharap jangan tertarik apalagi dengan barang bagus dan harga murah jangan pula mengirim dana atau uang lebih duluan untuk membayar langsung lewat transfer.

Agar lebih berhati hati dan jangan kena tipu oleh penjual yang tidak jelas lebih baik belanja ditoko langsung.

Hasil Pengecekan Korban Penipuan Jual Beli Online Berkedok Penipuan
Hasil Pengecekan dari Nomor kontak yang diberikan Penjual Barang 089532741790 berikut daftar Korban Penipuan Jual Beli Online Berkedok Penipuan

Kejadian pada awal bulan Agustus 2022 dikirim oleh seorang petugas pengiriman barang jasa yang sudah dikenal namanya.

Karena tidak merasa pesan barang walau nama pemesan dirumah pas dengan keadaan nama yang ada dirumah, kami mohon hati hati kalau bisa jangan dibuka walau kita pernah mengklik iklan karna kita suka dan tertarik di berbagai aplikaksi.

Hindari pemesanan barang penjualan di aplikasi. Agar jangan ada yang tertipu lagi.

Kejadian baru ini biasanya Jasa Pengiriman apa bila barang sudah dibuka dan kita harus membayar uang sesuai jumlah harga yang tertera di Barcode. Sekali lagi lebih baik abaikan saja paket pengiriman barang tersebut bila kita tidak merasa pesan atau masih belum jelas pemesannya.

Adapun nama toko penjual pengirim barang tercantum bahkan ada nomor kontaknya, bila dikontak nomor kontak tersebut langsung tidak bisa dihubungi.

Waspada dengan nama pengirim Angseng Distric Sheng Zhen Guang Dong Cina namun barang dikirim dari Jakarta Indonesia.

Paket yang diterima Cal, dikirim dari sebuah alamat di Guangdong China. Pengirim paket itu diketahui bernama Tang Li. Nama ini, sebelumnya juga muncul dan tercatat sebagai pengirim paket “misterius”.

“Misterius”, sebab sejumlah calon penerima mengaku tidak pernah memesan paket apa pun dari China.

Lalu bagaimana awalnya Cal memesan paket dari China? Semua berawal saat ia sedang bermain Instagram dan menemukan iklan sponsor yang menampilkan sebuah produk sepatu.

Karena dianggap memiliki model yang bagus dan sederhana, Cal pun mengklik pilihan menu “Buy Now”. Selanjutnya, dia mengisi informasi lengkap, termasuk nama, alamat, dan nomor ponsel miliknya.

“Ini kan iklan dalam bahasa Indonesia, saya pikir pasti produk dalam negeri, kan. Lalu saya pesan, pesan itu bulan Agustus awal kali ya. Pokoknya sudah lama banget,” ucap Defy.

Waspada terhadap jaza pengirim paket barang bahkan jangan terlalu percaya kepada kebaikan dan keramahannya. Kadang jaza pengiriman memaksa minta dibayar apa bila barang sudah dibuka dari kemasan Doos nya.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *