banner 728x250

Selesai Dengan Dunia

banner 120x600
banner 468x60

Windnews.id / Almarhum Buya Syafii Ma’arif pernah menyatakan, tentang siapa yang layak menjadi ketua KPK (tim anti-rasuah Indonesia)? Buya Syafii menyatakan lebih kurang: Bukan sarjana, bukan polisi, tapi yang mampu menjalankan tugas menghantam korupsi ialah “mereka yang sudah selesai dengan hidupnya.” Atau jika kita memakai bahasa lain: Mereka yang sudah selesai dengan dunia.

Orang² semacam inilah yang punya integrity (integritas) sehingga tak tergoda. Biasanya, orang yang sudah selesai dengan dunia adalah mereka yang merasa hidupnya hanya menunggu mati (sudah berusia lanjut). Namun, mengapa mesti menunggu berusia lanjut? Mengapa tidak selesai dengan dunia sedini mungkin, semuda mungkin? Bukan kah Sayyidina Umar pernah menyatakan: “Semakin sedikit dunia di hatimu, semakin bebas (bahagia) engkau hidup.”

banner 325x300

Mengapa menunggu tua untuk merasakan bebas dan bahagia? Bukan kah kematian tidak menunggu tua? Dan sungguh, kebahagiaan duniawi hanyalah bagai meminum air laut; kita menyangka ia akan selesai, namun nyatanya membuat kita semakin haus, dan merusak tubuh kita. Tidak lengkap rasanya tulisan ini tanpa menutup dengan kesimpulan: Selesailah dengan dunia, bersegeralah menuju ampunan dan keridhaan Allah, di sana lah bahagia itu.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *