banner 728x250

Sandiaga Uno: Program Sadar Wisata Pacu Kualitas Destinasi dan Pendapatan di Samosir

banner 120x600
banner 468x60

windnews.id / SAMOSIR – Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan program Sadar Wisata yang diterapkan dengan baik akan mampu meningkatkan kualitas destinasi dan pendapatan desa termasuk bagi masyarakat Desa Ambarita, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

“Kita ingin ada peningkatan pendapatan masyarakat dan terbuka peluang usaha karena dengan adanya film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ dan dengan ditetapkannya Kabupaten Samosir dan Kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas oleh Presiden Joko Widodo maka kunjungan wisatawan akan meningkat,” kata Menparekraf Sandiaga dalam Sosialisasi Sadar Wisata di Aula Serbaguna HKBP Ambarita, Selasa (19/7/2022).

banner 325x300

 Sebelumnya, film berjudul Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film karya komika Bene Dion Rajagukguk yang mengambil latar belakang cerita di kawasan Danau Toba. Maka dengan terpilihnya Danau Toba sebagai salah satu dari destinasi super prioritas, perlu dihadirkan sumber daya manusia yang terampil dan cekatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih, Desa Ambarita merupakan salah satu pintu gerbang untuk masuk ke Pulau Samosir dari daerah-daerah sekitar Danau Toba.

 “Kita perlu masyarakat yang menyambut wisatawan dengan ramah tamah, pelayanan prima, dan kebersihan, keselamatan, kesehatan serta juga keberlanjutan lingkungan, pengelolaan sampah, hingga penggunaan energi baru dan terbarukan,” katanya. Sandiaga menjelaskan pihaknya memfasilitasi pelatihan bagi masyarakat di Desa Ambarita dan memberikan pengetahuan mengenai sapta pesona serta protokol CHSE ( Cleanliness, Health, Safety, Enviromental Sustainability). “Tujuannya agar masyarakat betul-betul melihat pariwisata ini sebagai bagian dari kehidupan mereka untuk meningkatkan mata pencaharian mereka dan ekonomi mereka,” ungkap Sandiaga. Baca: Unik! Sandiaga Uno Apresiasi Desa Kampung Warna Warni Tigarihit Tembus 50 Besar ADWI 2022. Dalam kesempatan ini Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso. Kemudian Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Adella Raung; dan Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT, Raja Malem Ukur Tarigan. Turut hadir pula Bupati Samosir, Vandiko Gultom. (ds)*

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *