banner 728x250

Jelang Pengumuman PPDB Tahap 1, SMAN 1 Baleendah dan SMKN 2 Baleendah Siap Layani Pengaduan Berbasis Data

banner 120x600
banner 468x60

windnews.id / BANDUNG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB Jawa Barat Tahun 2022 Tahap 1 diumumkan Senin (20/6/2022) ini pukul 14.00 WIB melalui laman https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/

Seluruh satuan pendidikan pun telah siap memberikan pelayanan bagi calon peserta didik yang membutuhkan informasi atau melakukan pengaduan seputar hasil seleksi PPDB tahap 1. Tak terkecuali SMAN 1 Baleendah dan SMKN 2 Baleendah Kabupaten Bandung. Kedua sekolah tersebut telah menyiapkan sumber daya manusia dan sarana prasarana untuk melayani calon peserta didik.

banner 325x300

Berbasis Data

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Baleendah, Agus Suherman menjelaskan, semua aduan atau kebutuhan informasi mengenai hasil seleksi akan dijawab berbasis data. “Jadi, setiap aduan akan kami sertakan data. Jika ada yang bertanya, “Kenapa enggak keterima?” Kita akan melihatnya melalui data, apa yang menyebabkan putra putrinya enggak diterima,” tutur Agus saat ditemui di sekolah.

Ia menjelaskan, sekolah sudah menyiapkan database sehingga memudahkan menjawab pengaduan. Selain itu, pihak sekolah pun akan menempatkan panitia PPDB untuk melayani aduan dan kebutuhan informasi calon peserta didik di tiap jalur.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Baleendah, Dudi Rohdiana menjelaskan, kesigapan sekolah menghadapi PPDB tak lepas dari kerja sama jajaran manajemen sekolah, mulai dari tahap sosialisasi, pendaftaran hingga pengumuman saat ini.

Sekolah di Mana Saja Sama

Dudi juga mengimbau kepada orang tua dan calon peserta didik agar tak kecewa berlarut ketika tidak lolos seleksi PPDB tahap 1. Selain masih ada tahap dua, para calon peserta didik pun bisa memilih sekolah swasta dengan kualitas yang tak jauh berbeda.

Terlebih, tambahnya, Dinas Pendidikan Jawa Barat sudah memastikan seluruh pendaftar PPDB jalur afirmasi KETM akan mendapatkan bantuan pendidikan dari pemerintah. “Anak akan merasa terbantu, dalam artian belajar di sekolah mana pun sama. Insya Allah, dengan sistem ini akan memberikan kontribusi enggak ada lagi sekolah favorit, semua sekolah sama,” tegasnya.

Seluruh Sarana Telah Siap

Hal senada disampaikan Kepala SMKN 2 Baleendah, Agus Rukmantara. Ia menuturkan, jelang pengumuman hasil seleksi PPDB tahap 1, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana di sekolah. Selain untuk kebutuhan daftar ulang, calon peserta didik yang akan melakukan pengaduan pun akan mendapatkan pelayanan. “Sehingga, kalau pun hari ini ada peserta didik yang datang ke sini, kita akan berikan pelayanan,” terangnya.

Berdasarkan data, lanjutnya, semua calon peserta didik tak bisa ditampung seluruhnya di sekolah negeri sehingga sekolah swasta sangat berperan dalam proses pendidikan di Jabar. Agus pun mendorong orang tua agar tidak sungkan mendaftarkan anakanya ke sekolah swasta jika tidak lolos seleksi PPDB tahap 1 maupun 2.

“Pilih sekolah swasta yang dekat dengan rumah dan sesuai dengan program keahlian. Saya yakin, guru-gurunya pun qualifed. Insya Allah, keberhasilan proses pendidikan tidak bergantung dari sekolah, tapi dari niat siswa itu sendiri. Di mana pun berada, dengan niat baik insya Allah sukses,” tutupnya.*

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *